Ayam Ingkung (Indonesian Grilled Chicken in Coconut Gravy)

[postlink]http://video-masakan.blogspot.com/2010/10/ayam-ingkung-indonesian-grilled-chicken.html[/postlink]http://www.youtube.com/watch?v=sc_EpuD83CQendofvid[starttext]

Bahan :

  • 1 ekor ayam (ayamku beratnya 1,7 kg)
  • 2 sdm air asam jawa (aku motong 1/4 dari 1 kotak asam, terus air panasnya 1/4 gelas)
  • minyak goreng secukupnya
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan (aku pake serai bubuk, 1 sdm tidak penuh, kucampurkan kedalam bumbu halus saat mengulek)
  • 500 cc santan encer (aku pake santan kaleng, 800 ml, untuk mengganti 500 cc encer dan 500 cc kental)
  • 500 cc santan kental

Bumbu yang dihaluskan :

  • 10 buah bawang merah (aku pake 2 bawang bombay ukuran besar)
  • 5 siung bawang putih (aku pake 1 sdm penuh bawan putih cincang siap pakai)
  • 2 sdm ketumbar
  • 6 buah kemiri
  • 1/2 sdt jintan, sangrai
  • 1 sdm gula merah (aku ga pake)
  • 1 sdt asam jawa (aku ga pake)
  • 1 ruas kencur (aku ganti sama temu kunci – fingerroot/chinese key root)
  • 3 ruas kunyit
  • 2 sdt garam (aku pake secukupnya)

Cara membuat:

  • Lumuri ayam dengan air asam jawa hingga rata. biarkan selama ± 30 menit.
  • Panaskan minyak 3 sdm minyak (aku secukupnya doang), tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ayam (aku masukkan juga bersamaan sisa-sisa asam dan air rendamannya). aduk rata. Tuangi san¬tan encer, biarkan hingga ayam setengah matang. (aku tuangkan 1 kaleng tersebut diatas)
  • Tuangkan santan kental (aku tuangkan 1 kaleng lagi), aduk-aduk sedikit hingga santan mengeluarkan minyak (aku masak hingga santan berkurang/hampir habis; sesekali ambil pakai sendok sayur dan siramkan ke atas bagian ayam). Angkat. Letakkan ayam dalam pinggan tahan panas yang telah diolesi minyak. Panggang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat. (aku masak di oven 350 F untuk 35 menit; matikan api, nyalakan grill/broiler, dan panggang hingga kecoklatan)
  • Untuk : ± 10 porsi




[endtext]

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails